Chat with us, powered by LiveChat

Ancaman Meningkat, India Kerahkan Tentara Tambahan di Perbatasan Myanmar

Ancaman Meningkat, India Kerahkan Tentara Tambahan di Perbatasan Myanmar

loading…

India mengerahkan unit tentara tambahan di perbatasan Myanmar ditengah meningkatnya ancaman gerilyawan masuk ke negara itu. Foto/Ilustrasi/Istimewa

NEW DELHIIndia telah mengerahkan unit-unit tambahan Angkatan Daratnya dalam beberapa hari terakhir di sepanjang perbatasan dengan Myanmar. Hal itu dilakukan setelah ancaman gerilyawan yang masuk ke negara itu meningkat.

“Sejumlah besar pasukan telah dikerahkan di daerah sensitif,” kata seorang sumber kepada Sputnik, Selasa (19/2/2019).

Pemerintah setempat, kata sumber tadi, memberi tahu pemerintah pusat bahwa ada peningkatan tingkat ancaman gerilyawan yang menyeberang ke wilayah India dan memfasilitasi masuknya pengungsi ke India. Pasukan akan menjaga perbatasan untuk mencegah insiden seperti itu terjadi.

Baca Juga:

Sumber mengatakan kepada Sputnik bahwa setidaknya dua unit tambahan Angkatan Darat India sedang dikirim ke perbatasan Indo-Myanmar di distrik Lawngtlai Mizoram selatan setelah bentrokan terbaru antara Tentara Myanmar dan Tentara Arakan.

Sumber lain mengatakan kepada Sputnik bahwa hampir 200 orang yang mengungsi dari negara bagian Myanmar, Chin, telah berlindung di wilayah tersebut di bawah kendali kelompok bersenjata etnis di dekat perbatasan dengan India.

Bentrokan besar telah berlangsung selama sebulan terakhir antara Tentara Myanmar dan Tentara Arakan di wilayah yang sangat dekat dengan negara bagian Mizoram di India timur laut. Keduanya telah terlibat dalam pertempuran berdarah dan mematikan selama dua tahun terakhir.

Desember lalu, militer Myanmar mengumumkan gencatan senjata sepihak dengan kelompok-kelompok bersenjata di timur laut hingga April tahun ini.

Namun, bentrokan baru meletus pada Januari lalu ketika Tentara Arakan menyerang empat pos penjagaan perbatasan di Buthidaung, menyita lebih dari 40 senjata dan ribuan amunisi. Tiga belas personel polisi dan sembilan lainnya terluka dalam serangan itu.

Sementara itu, Mayor Jenderal Angkatan Darat Arakan Tun Myat Naing dalam sebuah pesan video mendesak orang-orang Arakan yang tinggal di luar negeri untuk kembali ke negara bagian Rakhine untuk ikut serta dalam apa yang dikatakannya sebagai titik balik dalam sejarah wilayah tersebut.

“Saya benar-benar percaya bahwa masyarakat Arakan dan Tentara Arakan berdiri berdampingan. Kami juga sering mengatakan bahwa militer pemerintah berperang melawan seluruh masyarakat Arakan,” kata Mayor Jenderal Tun Myat Naing pada 10 Februari.

Ketua berjanji bahwa mereka akan berjuang sampai mereka mencapai tujuan akhir mereka.

“Jika Anda tertarik untuk menjadi prajurit Angkatan Darat Arakan, Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke negara Karen. Cukup kembali ke rumah Anda dan bertanya sedikit tentang Tentara Arakan,” katanya.

“AK yang terkenal di dunia senapan serbu, senjata api AK baru sedang menunggumu. Datang dan bergabunglah, oke?” imbuhnya.

Pemerintah India mengidentifikasi Rohingya, yang melarikan diri dari negara bagian Rakhine Myanmar pada tahun 2017 ke India, sebagai ancaman terhadap keamanan nasional dan menolak untuk memberi mereka status pengungsi.

Pada Agustus 2017, New Delhi mengarahkan pemerintah negara bagian untuk mengumpulkan detail biometrik untuk mengidentifikasi dan mendeportasi Rohingya yang tinggal di India. Pemerintah tidak memberikan jumlah tetapi diperkirakan bahwa setidaknya 40.000 Rohingya menyeberang ke dalam India dan menyebar ke berbagai bagian negara.

Pada awal Februari tahun ini, Kiren Rijiju, menteri negara bagian urusan dalam negeri, menyatakan dalam Lok Sabha bahwa pemerintah telah mengarahkan negara-negara untuk melakukan survei dan mendeportasi Rohingya secara “terus menerus.”

(ian)

Ngebetbola.com Berkomitmen Memberikan Kenyamanan, Keamanan & Kepuasan Untuk Semua Member Setia, Setiap Saran & Masukan Dari Anda Adalah Kunci Membangun Perusahaan Kearah Yang Lebih Cemerlang. Apabila Staf Kami Memberikan Service Yang Kurang Maksimal, Jangan Ragu Dan Mohon Hubungi Kami Melalui KLIK DISINI Untuk Memberitahukan Masukan Anda ke Pihak Operasional Manajemen NgebetBola.com

buka
Senior Master Agen
+855-969-788-060
2AB05010
cs1_ngebetbola