Chat with us, powered by LiveChat

Erdogan: Turki Siap Duduki Manbij

Erdogan: Turki Siap Duduki Manbij

loading…

Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan mengatakan siap meluncurkan operasi militer ke Manbij, Suriah. Foto/Ilustrasi/SINDONews/Ian

ANKARA – Turki telah hampir menyelesaikan persiapan untuk operasi militer di Suriah dan akan meluncurkannya jika janji yang dibuat pihak lain tentang perlindungan perbatasan tidak ditepati. Hal itu ditegaskan oleh Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan.

“Turki masih berharap bahwa pembicaraan dengan AS, Rusia dan pihak-pihak lain akan memungkinkannya untuk memastikan keamanannya tanpa menggunakan kekuatan, tetapi masih siap untuk melanjutkan dengan opsi militer dan tidak akan menunggu selamanya,” kata Erdogan seperti disitir dari RT, Selasa (22/1/2019).

Dia merujuk pada rencana Ankara untuk wilayah Suriah utara di sebelah timur Sungai Eufrat, yang berusaha berubah menjadi “zona keamanan” yang bebas dari milisi Kurdi.

Baca Juga:

“Kami berada di perbatasan dengan pasukan kami dan mengikuti perkembangan dengan cermat. Jika janji yang dibuat untuk kami dijaga dan proses berjalan, itu baik-baik saja. Kalau tidak, kami informasikan bahwa kami hampir menyelesaikan persiapan kami dan akan mengambil langkah-langkah yang sejalan dengan strategi kami sendiri,” ujarnya, kepada sekelompok pengusaha di Ibu Kota Ankara.

Erdogan tidak menguraikan janji-janji yang dibuatnya. Namun, mereka tampaknya terkait dengan penarikan milisi YPG Kurdi dari daerah Manbij dan daerah di sepanjang perbatasan dengan Turki.

“Kami tidak akan pernah membiarkan zona aman berubah menjadi rawa baru,” kata Erdogan, merujuk pada wilayah Suriah utara dan membandingkannya dengan Irak utara, di mana militan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) – sebuah organisasi yang Ankara anggap sebagai kelompok teroris – telah bercokol selama beberapa dekade.

Turki melihat milisi Kurdi YPG yang didukung Amerika Serikat (AS), yang menjadi tulang punggung Pasukan Demokrat Suriah (SDF), sebagai perpanjangan tangan dari PKK dan menganggap mereka teroris.

“Usulan kami untuk zona keamanan di bawah kendali Turki bertujuan untuk menjauhkan organisasi teror dari perbatasan kami,” jelas presiden Turki itu.

Ia kemudian menjelaskan bahwa Ankara tidak mencari keuntungan teritorial dalam kampanye militernya di Suriah tetapi hanya berupaya memulihkan ketertiban di negara yang dilanda perang.

“Kami akan memberikan keamanan untuk Manbij dan kemudian kami akan menyerahkan kota kepada pemilik sebenarnya,” kata Erdogan.

“Suriah milik Suriah,” tegasnya.

Turki juga berupaya untuk membangun zona keamanan sedalam 32 kilometer ke Suriah, kata Erdogan, seraya menambahkan bahwa ia sudah membahas masalah ini dengan Presiden AS Donald Trump.

“Mereka yang bersikeras ingin menjauhkan kami dari wilayah ini berusaha untuk memperkuat organisasi teror,” tambahnya.

Ankara telah lama merencanakan untuk mendorong unit YPG keluar dari wilayah timur Sungai Eufrat. Operasinya tertunda oleh penarikan pasukan AS dari Suriah. Namun, Erdogan berulang kali mengisyaratkan bahwa kesabarannya mulai menipis dan dia tidak siap untuk menunggu lebih lama. Dia memperingatkan Trump agar tidak mengulangi janjinya untuk menarik sekitar 2.000 pasukan AS dari Suriah menyusul serangan bunuh diri di Manbij yang menewaskan empat orang Amerika. Erdogan berpendapat, jika presiden AS menghentikan penarikan, itu berarti bahwa Negara Islam (sebelumnya ISIS ) telah menang.

Dia juga menegaskan bahwa Turki siap untuk mengambil alih Manbij “tanpa penundaan.” Militer AS saat ini bekerja pada pengaturan keamanan dengan pasukan Turki untuk menciptakan zona penyangga antara Turki dan pejuang Kurdi. Sementara itu, warga Kurdi mengundang pemerintah Suriah untuk mengambil alih kota dan dilaporkan mulai meninggalkan daerah itu. Turki telah menolak laporan yang mengatakan itu adalah “psyop”.

(ian)

Ngebetbola.com Berkomitmen Memberikan Kenyamanan, Keamanan & Kepuasan Untuk Semua Member Setia, Setiap Saran & Masukan Dari Anda Adalah Kunci Membangun Perusahaan Kearah Yang Lebih Cemerlang. Apabila Staf Kami Memberikan Service Yang Kurang Maksimal, Jangan Ragu Dan Mohon Hubungi Kami Melalui KLIK DISINI Untuk Memberitahukan Masukan Anda ke Pihak Operasional Manajemen NgebetBola.com

buka
Senior Master Agen
+855-969-788-060
2AB05010
cs1_ngebetbola